Rabu, 03 November 2010

Kisah Merapi dari A-Z


wah..wah..penasaran kan kisah ttg merapi?
kita mulai dari asal usul gunung merapi dulu yah...
berdasarkan dari (http://www.beritabudaya.com/2010/10/asal-usul-gunung-merapi/)
di katakan bahwa penyebab terjadi nya gunung merapi karena terjadi ketidak seimbangan pulau jawa. apa maksudnya yah???
(pura-pura mikir dulu..^__^)
Gunung merapi merupakan penjelmaan dari perubahan gunung jamurdipo..(jowo tenan yo jeneng e)
Atas Prakarsa Dewa Krincingwesi, gunung di pindah kan ke bagian tengah. pada waktu itu jg terdapat kakak adik,Empu Rama dan Permadi yang sedang membuat keris pusaka tanah jawa. mereka di peringatkan oleh para dewa untuk memindahkan kegiatan membuat keris mereka namun mereka bersikeras. dengan begitu,dewa krincingwesi murka atas mereka. kemudian gunung tersebut diangkat lalu di jatuhkan tepat di lokasi mereka sedang membuat keris,akhirnya mereka terkubur hidup-hidup deh..
sehingga gunung jamurdipo di ganti nama menjadi merapi untuk memperingati peristiwa itu, yang artinya tempat perapian empu Rama dan Permadi. Roh kedua adik kakak itu kini menjadi penguasa gunung merapi dan menjabat sebagai raja dan penguasa makhluk halus di sekitar gunung merapi itu.

itu lah asal usul terjadi nya nama Gunung Merapi.




Skarang kita akan membahas si gunung ini merenggut nyawa banyak org lewat letusan vulkanik nya

selama aku sekolah dan kuliah di daerah Yogyakarta tercinta...
pertama kali terjadi gempa tepatnya pada tanggal 15 mei 2006. di kawasan babarsari mencapai 5,6 SR yang menyebabkan terjadinya goncangan terhadap merapi itu. Namun,letusan merapi yg mengeluarkan larva vulkanik nya tidak terlalu besar dan mempengaruhi kehidupan warga sekitarnya. sehingga pihak terkait menyatakan bahwa merapi dalam keadaan siaga.
beberapa lama di bulan Oktober, tiba2 ada berita mengenai merapi..eh ternyata udah meletus..wah, seberapahebatnya gempa kali ini ternyata diluar dugaan.
yang meletus hingga debu nya hingga 10 KM kini menjadi 20KM..dan yg parahnya hingga klaten,magelang dan hingga bandung.hikk..ss..
adikku yg no.3 si Ike berada disana. dan yang pasti kecemasan seorang ibu itu sangat tinggi.
simak beberapa poto2 yg saya dapat dr internet mengenai merapi.

Gunung Merapi memuntahkan material vulkanik, terlihat dari Klaten, Kamis (4/11)

Penduduk menyelamatkan diri dengan motor setelah Gunung Merapi meletus lagi, Jumat (5/11). Pemerintah meluaskan zona bahaya menjadi 20 kilometer dari pusat kawah Merapi. 

Tim penyelamat mencari korban Merapi di Argomulyo, Yogyakarta 

 Hingga berita kmarin tengah malam,tepatnya jam 24.30 merapi memuntahkan debu dan kerikil yg sangat banyak sehingga menyebabkan hujan debu,dan kerikil.
banyak tempat makan, bank dan toko2 lainnya yg tutup sehingga jogja spt kota mati..
semoga cukup sampai disini,dan semua warga dapat mencri nafkah kembali karna hal ini cukup menyedihkan kalo terus menerus terjadi,mereka tak dapat melakukan aktifitas apa2..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar